Burung Mandi

Burung Mandi, adalah nama sebuah gunung di Timur Laut Belitung, kira-kira 18km arah Barat kota terbesar kedua Manggar. Burung Mandi merupakan tujuan wisata utama bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya. Tempat ini sudah dikenal sejak Belanda pertama kali mendirikan pusat penambangan timah di desa Damar, desa terdekat dari Burung Mandi.
Pantai Burung Mandi sedikit berbeda dengan pantai lainnya di Pulau Belitung, selain berada di kaki gunung (lebih menyeruapai bukit) yang namanya seperti nama pantai ini yaitu “Burung Mandi”, pantai ini juga tidak memiliki bebatuan granit seperti pantai-pantai di pulau Belitung pada umumnya (misalanya Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Penyabong, dll), hamparan pasir putih dan pepohonan pinus laut yang tumbuh di sepanjang pantai menambah kaindahan pantai ini.
Di sisi lain pantai ini Anda dapat melihat banyak perahu nelayan berwana-warni menghiasi Pantai Burung Mandi, perahu yang memiliki tangan kiri dan kanan ini biasa disebut masyarakat sekitar Kater, tangan-tangan perahu ini biasanya terbuat dari bambu atau pipa paralon, gunanya untuk menyeimbangkan posisi perahu saat berada di laut.
Di Pantai ini terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, anda bisa menikmati kuliner khas belitung seperti Gangan, ikan kerisi bakar serta makanan laut lainnya. Atau sekedar minum kelapa muda sambil menikmati suasana Pantai Burung Mandi.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *